Blogging

Inilah Saat Yang Tepat Untuk Membuat Custom WordPress Theme

Di internet banyak sekali WordPress template yang dibagikan secara gratis, bahkan setiap hari selalu bermunculan template baru yang bisa di download. Dan saking banyaknya ini bisa membuat kita bingung, template mana yang akan kita gunakan untuk proyek website, khususnya toko online yang membutuhkan template spesifik. Dan khususnya lagi untuk pasar Indonesia yang memerlukan edukasi yang tinggi.

Wordpress theme custom

Tidak semua template yang ada di internet khususnya yang berada di market luar biasa diterapkan pada online shop lokal di Indonesia. Karena kita tahu sendiri seperti apa keadaan lokal di Indonesia. Saya pernah Menulis artikel tentang hal ini, sulitnya mengedukasi cara berbelanja online kepada orang-orang di Indonesia. Memang sulit benar.

Melihat keadaan seperti ini saya sebagai pemilik online shop perlu mempertimbangkan untuk membuat custom template sendiri, karena jika harus mengubah template yang sudah ada akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan membuat template sendiri dari awal. Memang ketika memutuskan untuk membuat template saya akan dihadapkan oleh dua hal yaitu

Memutuskan Untuk Membuat Custom WP Theme

Waktu dan tenaga. Kedua faktor ini akan selalu menjadi hambatan karena membuat template custom dari awal membutuhkan waktu yang cukup banyak dan juga tenaga. Sedangkan kata orang, saat ini waktu adalah mata uang baru. Dengan menyia-nyiakan waktu sama saja dengan menyia-nyiakan uang. Jalan pintasnya adalah dengan membayar seseorang yang bisa membuat custom WordPress template. Tetapi biayanya Saya jamin akan sangat mahal. Mungkin sekitar Rp5.000.000. Untuk layanan profesional memang seperti itu harganya. Beda dengan layanan yang abal-abal, biasanya sekitar Rp500.000 sudah bisa mendapatkan template tetapi Saya jamin hasilnya tidak akan memuaskan. Karena ini adalah produk custom dan terbatas, tidak seperti premium template yang dijual sekitar Rp500.000 dengan kualitas yang cukup bagus.

Kapan Harus Membuat Custom WP Theme?

Tidak ada template yang sesuai dengan keinginanmu. Semua template tidak bisa memenuhi kriteria yang kamu Tentukan. Itu akan menjadi alasan terbesar untuk meluangkan waktu dan tenaga membuat template custom. Meskipun sudah meluangkan waktu dan tenaga tetap saja dibutuhkan kriteria tambahan yaitu template yang dibuat harus sesuai dengan standar WordPress. Kita tahu sendiri bahwa WordPress memiliki standar coding yang sudah baku dan itu harus diikuti oleh semua developer WordPress.

Kenapa harus demikian? Karena template custom juga membutuhkan plug in yang berada di WordPress directory dan ini Membutuhkan kondisi template yang standar sesuai dengan ketentuan WordPress. Jika tidak maka akan muncul beberapa masalah yang tidak kompatibel dengan template. Jadi bukan hanya waktu dan tenaga saja tetapi harus memperhatikan kualitas template yang dihasilkan.

Jika anda memutuskan untuk menyewa orang untuk membuat custom template maka siap-siap saja dengan biaya yang berulang karena template tersebut harus dikembangkan sesuai dengan update terbaru dari WordPress. Saya sendiri Lebih memilih untuk membuatnya sendiri, selain lebih puas dengan hasil kerja juga kita mengetahui secara detail template tersebut. Kekurangannya yaitu saya harus mempelajari standar WordPress secara detail.

Itu tidak menjadi masalah karena saya juga menyukai WordPress.

Saya pernah membeli beberapa template premium untuk online shop, market lokal Indonesia tetapi Akhirnya saya tidak menggunakan template tersebut karena tidak sesuai dengan kondisi bisnis di online shop yang saya kelola. Artinya template tersebut walaupun premium tetapi kurang menyasar unit bisnis yang saya kelola. Bukan berarti template tersebut kurang bagus tetapi memang jangkauan bisnisnya terlalu luas. Wajar saja jika kurang memenuhi apa yang saya inginkan

Ketika mendesain WordPress template saya lebih menyukai menggunakan bootstrap pada sisi front end karena di samping lebih cepat juga memiliki komponen-komponen desain yang sangat lengkap. Jujur saja untuk masalah desain saya tidak begitu memahami apalagi membuat CSS yang begitu Kompleks seperti itu. Selain itu saya menyukai bootstrap karena komunitasnya yang besar dibandingkan diatas Framework lainnya. Memang untuk CSS Framework lainnya memiliki keunggulan yaitu ukuran filenya yang kecil sehingga ringan ketika website di akses, tetapi akan menyebabkan kesulitan dalam pengembangan juga tidak selengkap bootstrap.

Sebagai catatan, saat ini bootstrap sudah mencapai versi 4 beta. Dan saya benar-benar menyukai versi yang terbaru ini. Membuat tampilan website yang profesional jadi sangat mudah.

Itulah sekelumit opini saya ketika memutuskan untuk membuat custom template dibandingkan dengan mencarinya atau membeli di internet.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Share This

Share This

Share this post with your friends!