Blogging

Sudah Saatnya Kita Memiliki Website Toko Online, Bukan Sosmed atau Marketplace lagi

Perkembangan internet dewasa ini telah menginspirasi kampung saya untuk go online. Maksudnya bukan kampung saya bisa diakses secara online tetapi uMKM yang berada di kampung saya sepertinya demam online. Mereka sudah menyadari pentingnya bagaimana berpromosi di internet dengan menggunakan website.

Berpromosi produk-produk lho dengan menggunakan media sosial sepertinya sudah mulai ditinggalkan, alasannya cukup mengejutkan yaitu kebijakan-kebijakan di media sosial kadang membatasi kreativitas mereka. Apalagi banyaknya isu mengenai terorisme, ajaran sesat akan membuat jalannya promosi produk lokal terhambat. Media sosial memang bukanlah tempat yang tepat untuk berjualan online. Mending lebih baik berjualan di marketplace seperti Bukalapak atau Tokopedia. Lebih masuk akal dan terstruktur.

Tetapi kekurangan berjualan di Bukalapak ataupun Tokopedia kita harus tunduk dengan aturan yang diberlakukan pada marketplace tersebut. Bahkan kita tidak bisa mendapatkan data-data seperti alamat email atau nomor handphone. Kedua data ini sangatlah berguna untuk kemajuan toko online jangka panjang. Nomor telepon dan email pastilah dimiliki oleh pihak marketplace.

Maka dari itu setelah kemarin berbicara dengan Para pemilik UMKM di kampung saya, akhirnya mereka paham dengan alur bisnis online saat ini dan masa depan. Jika ingin serius membangun toko online maka yang paling tepat adalah dengan membuat website. Website akan menunjukkan keseriusan kita untuk membangun toko online berkelanjutan. Tentu saja Ini juga akan berpengaruh kepada pelanggan. Pelanggan yang mengetahui bahwa kita juga memiliki toko online berbasis website, tentu akan lebih percaya daripada toko online asal jadi yang berjalan diatas sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Saat ini untuk membangun toko online bukanlah hal yang sulit. Kita bisa menggunakan WordPress yang di desain secara khusus dengan template yang dibuat untuk toko online. Memang tidak gratis, tetapi harganya tidak lah mahal. Kamu cukup menyediakan uang dibawah 100 dolar atau satu juta untuk mendapatkan toko online yang siap melayani pelanggan. Bayangkan saja, dengan uang segitu kamu sudah memiliki usaha yang bisa diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia, apalagi jika website mu multi bahasa. Orang-orang di luar negeri yang paham bahasa Inggris bisa memanfaatkan informasi dari website toko online kamu. Tidak jarang para UMKM mendapatkan pesanan dari luar negeri Karena mengetahui informasi dari website. Saya sendiri pernah mendapatkan beberapa orderan dari asia bahkan Eropa.

Sebenarnya bukan hanya buat wordpress saja yang bisa digunakan untuk membangun toko online, kamu bisa menyewa jasa programmer untuk menyesuaikan toko online dengan keperluan bisnismu. Memang dengan membayar jasa programmer, biaya pembuatan toko online menjadi lebih mahal tetapi kamu bisa memastikan semuanya sesuai dengan alur bisnis yang sudah ada.

Alternatif selain WordPress yang gratis dengan menggunakan CMS untuk toko online seperti prestashop ataupun Joomla. Kedua CMS ini memang didesain khusus untuk toko online, tetapi penggunaan di Indonesia tidak terlalu populer.

Setelah mendapatkan software yang digunakan untuk berjualan online, kamu membutuhkan web hosting dan nama domain. Nama domain adalah nama tokoh yang mudah diingat oleh pelanggan seperti zavirajewelry.com. Zavira Jewelry dotcom adalah toko online yang menjual cincin kawin dengan berbagai macam bahan secara online. Brand ini mudah sekali diingat kata singkat dan jelas.

Para pelaku UMKM yang berada di kampung saya bina untuk membuat nama domain yang mudah diingat dan sesuai dengan unit bisnis mereka. Misalkan ada seorang pelaku UMKM yang menjual coklat, maka saya sarankan untuk membuat nama brand tetapi masih memiliki kaitan nya dengan coklat, misalkan kebuncoklat.com

Nama domain ini menggunakan sistem sewa dengan durasi pertahun. Harga domain biasanya sekitar Rp100.000 sampai 150.000. Sangat terjangkau dan tidak ada alasan untuk tidak memperpanjang nama domain karena ini adalah toko kita di dunia maya. Domain murah juga bisa didapatkan ketika ada promo atau hari spesial seperti hari kemerdekaan, idul fitri, idul adha dsb. Siapkan uangmu ketika masuk pada hari-hari tersebut.

Setelah itu, kamu juga membutuhkan hosting. Web hosting adalah tempat di mana kita menaruh file-file toko online dan file gambar produk-produk kita. Hosting juga sistemnya sewa dengan durasi yang lebih fleksibel. Kamu bisa menyewa hosting perbulan atau sekaligus per tahun. Biasanya harga sewa hosting per tahun lebih murah dibandingkan per bulan. Bahkan ada penyedia web hosting yang memberikan diskon besar-besaran membeli lebih dari 5 tahun. Lebih hemat.

Nama domain ini bersifat unik, di dunia ini yang sama. Maka dari itu lebih baik kamu Segera mengklaim nama domain untuk bisnis secara jangka panjang. Untuk mengecek nama domain silakan pergi ke alamat berikut ini https://id.hosting24.com/cek-domain

Tampilannya seperti dibawah ini

cek nama domain

Jika domain tersedia artinya belum ada orang yang membeli domain tersebut, dan bisa kamu beli saat itu juga. Tampilan gambarnya seperti dibawah ini.

domain tersedia

Jika domain tidak tersedia, artinya ada seseorang yang sudah membeli domain tersebut. Memang tidak semua ekstensi sudah diborong, tetapi sangat tidak disarankan kalau kamu membeli nama domain yang sudah tidak tersedia tetapi dengan ekstensi yang berbeda, karena saya jamin kedepannya pasti akan ada komplain dan masalah. Lebih baik menggunakan nama domain yang unik dan berbeda.

domain tidak tersedia

Untuk pembayarannya biasanya menggunakan transfer via ATM. Perusahaan-perusahaan house ada di Indonesia biasanya menerima pembayaran melalui rekening bank lokal seperti BCA, mandiri, BRI dan BNI. Tidak perlu harus menggunakan kartu kredit meskipun label harga yang tertera menggunakan dolar. Silahkan kontak penyedia layanan hosting untuk mendapatkan intruksi bagaimana cara membayar tagihan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain nama domain, kamu perlu web hosting untuk menaruh file-file toko/website kamu. Kamu bisa mencoba layanan web hosting dari hosting24. hosting24 memiliki 3 paket web hosting yang bisa kamu pilih, yaitu web hosting single, premium, dan bisnis.

Bagi kamu yang baru merintis toko online maka bisa memilih paket web hosting premium, dengan harga kurang dari Rp50.000. Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari paket hosting ini adalah kamu bisa mendapatkan domain secara cuma-cuma, alias gratis, jika membeli untuk setahun. Lumayan

harga web hosting murah

Nah untuk yang memiliki toko online yang sedang berkembang, maka kebutuhan website kamu akan semakin besar, sehingga butuh resources yang lebih besar dan lebih canggih pula. Kamu bisa pilih paket web hosting bisnis atau bisa juga upgrade ke VPS hosting.

Sudah pilih domain dan hosting? Saatnya berkreasi dan kembangkan toko online. Perhatikan tampilan website ya, supaya konsumen bisa cepat menemukan apa yang mereka cari. Jangan lupa promosikan tokomu juga.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Share This

Share This

Share this post with your friends!