Blogging

Tips Singkat Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Layanan Customer Service Online

Dalam dunia online shop peran customer service online sangatlah vital. Pada awal mulanya sebuah bisnis online atau toko online berawal dari seseorang yang menjual barang. Kemudian dia mulai membangun sebuah brand dan akhirnya menjadi terkenal dan besar. Setelah itu dia harus fokus kepada pengembangan bisnisnya. Karena fokus maka dia harus mencari customer service online yang siap melayani pembelian barang-barang cara online secara cepat.

Itulah alur bagaimana terciptanya lapangan pekerjaan customer service online. Bedanya dengan customer service biasa adalah dia harus bisa melayani melalui pesan teks ataupun ia telepon. Karena bersifat online maka dia tidak perlu memperhatikan penampilan. Kemampuan yang harus dipelajari adalah dia harus Mahir berkomunikasi melalui teks ataupun suara. Dalam hal ini tidak diperlukan bahasa tubuh sehingga sebenarnya customer service online jauh lebih mudah dikerjakan.

customer service online

Tetapi, meskipun mudah dikerjakan customer service online sangat menentukan tingkat penjualan barang. Customer service online ibaratnya adalah orang yang menjaga toko. Dia akan membawa brand dari online shop tersebut. Baik buruknya Citra online shop tersebut bergantung kepada customer service online.

Baca juga : Cara Meningkatkan Penjualan Online Shop dengan Merusak Desain Website

Biasanya customer service online harus ramah, sabar dan tidak boleh mencampur rasa jengkel ke dalam teks yang sedang diketiknya. Itulah kriteria customer service yang ideal tetapi memang ada beberapa customer service online yang kadang mereka jengkel kepada calon pembeli entah apa alasannya. Karena sikap customer service online ini makan biasanya akan mempengaruhi performa penjualan barang. Untuk itu kita sebagai pemilik online shop harus memberikan pelatihan dan evaluasi secara berkala mengenai kinerja para customer service online

Peran customer service online sangat penting tetapi juga sangat berbahaya karena menentukan performa penjualan dan citra online shop tersebut. Pembeli hanya bisa berinteraksi dengan customer service.

Beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memperbaiki kualitas pelayanan customer service adalah

  1. Adakan pelatihan atau evaluasi minimal satu bulan sekali
  2. Adakan rapat atau pertemuan rutin dimana customer service bisa membicarakan tentang keluhan dan hambatan yang dihadapi
  3. Pemberian intensif atau bonus sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen
  4. Selalu Ingatkan untuk ramah dan sopan kepada customer.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memperbaiki kualitas pelayanan online shop kamu

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Share This

Share This

Share this post with your friends!