Make Money

Visual Studio Code : Editor Baru Agar Menulis Kode Program Lebih Menyenangkan

Untuk pertama kalinya saya mengganti text editor untuk menulis kode program, Sebelumnya saya menggunakan notepad++ karena sangat ringan dan mudah digunakan. Setelah Microsoft merilis Visual Studio code, iseng-iseng saya mencoba download text editor ini. Hanya sekedar mencoba tapi ternyata saya malah jatuh cinta dengan program yang dirilis oleh Microsoft ini.

Memang kode editor ini sedikit lebih berat dibandingkan notepad plus plus, tetapi fitur-fitur yang ada di dalamnya sebanding dengan ukuran file dan sumber daya yang dibutuhkan. Dengan Microsoft Visual Studio code menulis program menjadi lebih menyenangkan dan lebih cepat.

Pada tahap awal saya belum terbiasa dengan interface dan perilaku program ini, butuh beberapa menit untuk terbiasa menggunakan Microsoft Visual Studio code. Setelah itu menggunakan program ini Jadi lebih cepat dan saya segera mencari beberapa plug in atau extension untuk menambah kemampuan dan mempercepat penulisan program.

Karena saya biasanya membuat template WordPress, maka yang saya butuhkan adalah snippet atau potongan kode program yang digunakan berkali-kali, bisa juga berubah fungsi WordPress. Saya tidak perlu lagi mencari referensi fungsi WordPress di internet, cukup menggunakan Visual Studio code untuk mendapatkan kode snippet tadi.

Kemudian karena saya adalah penggemar berat bootstrap, Visual Studio code juga memiliki extension yang berhubungan dengan bootstrap. Dengan extension ini maka kita bisa menyusun kode html yang di desain khusus untuk bekerja dengan bootstrap CSS framework. Dan yang paling menyebalkan adalah memilih kode warna. Saya biasanya menggunakan tool di internet yang digunakan untuk mengenerate kode warna yang saya inginkan. Tetapi hal itu tidak berlaku lagi karena Visual Studio code memiliki extension yaitu color picker. Color picker berfungsi untuk mengambil warna atau memilih warna yang diinginkan. Dan yang paling menarik adalah semua operasi tadi bisa dilakukan tanpa menggunakan Mouse,cukup dengan keyboard. Berasa jadi programer beneran.

Pada bagian setting, Saya cukup terkejut karena opsi yang ada didalamnya tidak ditampilkan secara visual, tetapi berupa baris-baris kode. Sungguh tidak familiar bagi orang awam yang baru saja menggunakan kode editor, tetapi terasa unik dan menyenangkan bagi programmer yang sudah berpengalaman.

Di sana ada settingan default berupa kode program tadi, sepertinya ditulis dalam notasi JSON. Settingan default tadi bisa ditimpa dengan cara kita membuat file settingan baru yang sudah disediakan oleh Visual Studio code. Kita hanya perlu menekan spasi kemudian memilih setingan mana yang akan kita ubah. Cukup mudah kalau sudah terbiasa.

Sekarang saya sudah tidak lagi menggunakan notepad++, dan 100% sudah beralih ke Visual Studio code untuk menulis semua kode program mulai dari javascript sampai PHP.

Sebelumnya saya pernah mencoba menggunakan kode editor atom. Dengar-dengar kode editor ini dirilis oleh github, memiliki interface yang cukup sederhana tetapi Powerful. Saya pernah mencobanya tetapi kurang tertarik karena membutuhkan resource yang cukup banyak. Saya lebih sreg menggunakan Visual Studio code dari Microsoft apalagi didukung dengan banyak extension.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Share This

Share This

Share this post with your friends!